Friday, April 13, 2012

INTERVLAN ROUTING


Konfigurasi InterVLAN Routing

Pada bahasan ini akan  menjelaskan cara mengkonfigurasi switch dan router untuk LAN antar-virtual (VLAN) routing. Prosedur konfigurasi dan contoh dalam bahasan ini dirancang sebagai titik awal untuk membantu Anda mengkonfigurasi interVLAN routing untuk lingkungan jaringan anda.
Namun sebelum kita melihat gambaran topologi yang akan kita kerjakan, ada baiknya kita membahas terebih dahulu mengenai hal-hal yang terkait dengan InterVLAN Routing.
Memahami Routing Bagaimana InterVLAN 

Perangkat jaringan dalam VLAN yang berbeda tidak dapat berkomunikasi dengan satu sama lain tanpa router untuk lalu lintas rute antara VLAN. Dalam lingkungan jaringan yang paling, VLAN berhubungan dengan jaringan individu atau subnetwork. 

Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan IP, setiap sub jaringan dipetakan ke VLAN individu. 

Konfigurasi VLAN membantu mengontrol ukuran broadcast domain dan menjaga lalu lintas lokal setempatKomunikasi ini didukung oleh interVLAN routing.

Ketika host A di VLAN HRD akan  berkomunikasi dengan Host B d VLAN HRD, host A mengirimkan sebuah paket ditujukan untuk host B tanpa mengirimnya ke router. 

Ketika host A mengirimkan sebuah paket ke Host C di VLAN Accounting, Switch A meneruskan paket ke router, yang menerima lalu lintas pada antarmuka 10 VLAN. Router memeriksa tabel routing, menentukan antarmuka keluar yang benar, dan meneruskan paket keluar interface VLAN  Accounting untuk Switch B. Switch B menerima paket dan diajukan kepada Host C. 



One Stick Routing

Berikut adalah gambar lain yang menunjukkan skenario umum, interVLAN routing melalui sambungan batang tunggal untuk router atau lebih dikenal dengan sebutan One Stick Router . Switch memiliki port di beberapa VLAN. 
Secara phisycal gambar topologi menunjukkan bahwa router hanya terhubung dengan satu swith, namun secara logical switch yang terhubung dengannya telah dikonfigurasi sebagai server yang merekam semua anggota vlan yang berada pada seluruh jaringan. 

Kemudian router melakukan enkapsulasi dengan tujuan agar antar vlan yang telah ter-create dapat terkoneksi satu sama lain. Lalu lintas InterVLAN dikirim seluruh trunk ke router. Router memeriksa tabel routing, menentukan interface keluar (tujuan VLAN), dan mengirimkan kembali di mana ia diteruskan keluar port switch yang sesuai. 




No comments:

Post a Comment

SOP Door Lock Activity Reading

Door Lock Activity Reading 1        1.    Prepare DTU Unit. 2.    Switch “On” DTU Unit. 3.    Put in Staff Code DTU, press Enter. ...